Senin, 06 Maret 2017

AKU & HARAPAN UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA



Nama saya Desy Shinta Dewi, anak pertama dari tiga orang bersaudara.  Saat ini, saya sedang berjuang untuk memperoleh gelar sarjana di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, program studi Kesehatan Masyarakat semester 4. Suatu kebanggaan tersendiri saya dapat menjadi bagian untuk mewujudkan Indonesia Sehat. Menjadi seorang mahasiswi Kesehatan Masyarakat bukanlah hal yang mudah. Saya mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan Indonesia yang terbebas dari segala penyakit. Penyakit yang dapat menyerang fisik maupun mental. Tanggung jawab yang harus aku rintis dari mulai bangku kuliah. Setelah menjalani beberapa semester di kesehatan masyarakat ini, mendengar dan memahami pengalaman-pengalaman beberapa dosen yang tengah mengajar di kelas. Saya paham, bahwa mengubah pola pikir seseorang untuk dapat dan mempertahankan hidup sehat bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kemampuan dan kreativitas agar masyarakat mau dan mampu untuk menjalani hidup sehat.
Pada awal tahun 2016, saya berkesempatan menjadi relawan pengajar di salah satu komunitas untuk mengajar anak jalanan. Berkenalan dengan adik-adik yang sangat ceria, berani, dan pantang menyerah adalah salah satu pengalaman berharga. Memahami sifat adik-adik yang sangat beragam adalah satu tantangan yang sangat menyenangkan. Bukan hanya itu, apabila dilihat dari masalah kesehatan, mereka sangat kurang memperhatikan. Terlebih mayoritas adik-adik sudah bekerja sebagai pemulung, pengamen, bahkan ojek payung (apabila musim hujan). Apa mereka mengerti apa saja penyakit yang dapat di akibatkan oleh pekerjaan mereka? Untuk cuci tangan sebelum makan pun mereka enggan karena rasa lapar dalam perut yang tak tertahankan. Melihat kesehariannya bermain dengan riang di sebuah got, berlari-lari tanpa menggunakan alas kaki yang tanpa mereka sadari dapat menimbulkan suatu penyakit. Kita sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat seharusnya peduli dengan masalah tersebut. Bagaimana dapat mewujudkan Indonesia Sehat, jika hal terkecil seperti itu saja tidak dapat kita kendalikan.  
Harapan saya untuk kesehatan masyarakat Indonesia adalah semua masyarakat dapat melaksanakan hidup sehat tanpa terkecuali dan berkurangnya segala penyakit yang ada di Indonesia. Semoga semua ahli kesehatan masyarakat dapat bekerja sama dan berkontribusi untuk dapat mewujudkan Indonesia Sehat. Dan semoga para ahli kesehatan masyarakat dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah adanya penyakit yang menyerang bagi masyarakat Indonesia. Para ahli kesehatan masyarakat harus dapat membuat suatu pencegahan yang efektif dan dapat di mengerti oleh para masyarakat dari sabang sampai merauke. Hal tersebut menurut saya dapat mempermudah masyarakat untuk menerimanya. Selain itu agar terwujudnya harapan yang sudah saya sebutkan di atas, diharapkan para ahli kesehatan masyarakat di setiap daerah untuk tercukupi agar dapat memonitoring kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana.
Banyaknya penyakit degeneratif semakin sering muncul, penyakit yang dikarenakan oleh gaya hidup yang kurang sehat dan kerusakan jaringan atau organ, harus diperhatikan oleh pemerintah dan para ahli kesehatan, agar terciptanya masyarakat yang produktif. Selain itu, harapan saya adalah pemerintah dapat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan masalah kesehatan ini.
Masih banyak masalah-masalah kesehatan yang belum menjadi perhatian pemerintah. Bukan hanya pemerintah, semua ini adalah tugas bagi semua ahli Kesehatan Masyarakat  dan profesi-profesi terkait bagaimana caranya agar masyarakat dapat tersadar, dan dapat hidup sehat. Oleh karena itu, kita sebagai ahli kesehatan masyarakat harus menyadari betul tanggung jawab dari profesi kita sendiri, agar ilmu yang telah kita dapatkan bisa berguna untuk kepentingan nusa dan bangsa. Kesehatan sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Saya Desy Shinta Dewi sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat, SIAP berkontribusi  untuk mewujudkan Indonesia Sehat!  

Posting Komentar