Minggu, 19 Juli 2020

Sertifikasi AWP (Associate Wealth Planner)


Juli 2019, setelah lulus kuliah, saya berencana untuk mengikuti sertifikasi Associate Wealth Planner (AWP). Berawal dari rasa penasaran saya terhadap financial planning dan ingin menjadi financial independent di waktu usia produktif, saya memantapkan hati untuk mengikuti sertifikasi ini.

Setelah melakukan riset, saya memutuskan untuk mengikuti sertifkasi online di Indonesia Financial Advisor Community (IFAC) (https://www.ifac.or.id/awp/). IFAC merupakan salah satu komunitas keuangan profesional di Indonesia. 

Cerita awal saya fokus untuk memperdalam financial planning adalah ketika saya kuliah dan melihat teman-teman saya yang selalu menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong sepulang kuliah. Hal tersebut membuat saya berpikir, apa mereka gak sayang ya uang nya di pakai nongkrong terus? Akhirnya saya iseng, untuk menghitung berapa sih biaya yang mereka keluarkan selama satu bulan hanya untuk nongkrong saja. Saya asumsikan mereka hanya membeli satu ice cream di seharga 15.000, saat itu kami kuliah dari hari Senin-Jumat, 5hari, 15.000x20 = 300.000, budget yang lumayan menurut saya mengapa tidak di pos kan untuk hal lain?

Long story short, saya terus berpikir. Memang kelemahan saya sebagai seorang overthinking, yang selalu tidak bisa tidur memikirkan sesuatu. Saya ingin berbagi bersama teman-teman, penting nya financial literacy itu seperti apa. Tapi, bagaimana teman saya akan percaya, lulusan dari ekonomi pun bukan, basic saya dari kesehatan masyarakat. Finally, saya memantapkan hati untuk memperdalam ilmu ini dan mengikuti sertifikasi AWP.

Materi yang di bahas pada AWP :
1. Perencanaan Kekayaan
2. Perancanaan Anggaran
3. Perencanaan Keuangan
4. Prinsip Nilai Waktu Uang
5. Penggunaan Aplikasi AWP

So happy mengikuti kelas ini! Saya sangat tertarik mengerjakan setiap kasus keuangan yang dialami oleh client. Rasanya, masih banyak yang harus di persiapkan. Kok orang lain bisa santai saja ya? Dan menurut saya, mungkin mereka belum tahu. Tugas kita adalah memberi tahu mereka. So simple!

Di akhir sesi, kami melaksanakan ujian untuk memperoleh gelar AWP dengan syarat nilai minimal. Untuk persisnya saya lupa nilai minimal nya. Tetapi, jika kalian memahami materi nya, tidak usah takut! Basically, soalnya adalah studi kasus. Jadi, harus banyak berlatih ya!

Untuk teman-teman semua, yang ingin mengikuti sertifikasi AWP. Semoga cerita ini sedikit membantu ya! Semangat untuk membuat orang sekitar kita bisa melek keuangan!



Posting Komentar